Bersama Walikota Jambi Selaraskan Kebijakan

Jambi – Kepala KPPU Kantor Perwakilan Daerah Batam Akhmad Muhari, beserta tim meyambangi Rumah Dinas Walikota Jambi, Senin (18/3/2019). Kunjungan tim disambut hangat oleh Walikota Jambi H Syarif Fasha beserta jajaran.

Mengawali pertemuan, Walikota Fasha menuturkan bahwa dirinya sudah tidak asing lagi dengan KPPU. Ia memberikan apresiasi atas kunjungan KPPU serta berharap dapat meningkatkan kerjasama, terutama dalam mewujudkan iklim persaingan sehat di Kota Jambi.

Selanjutnya dibahas mengenai tujuan kunjungan tim KPPU. Menurut Muhari, selain untuk mempererat tali silaturahmi, maksud tujuan pertemuan ini merupakan bagian dari upaya harmonisasi penyelarasan kebijakan pemerintah.

Akhmad Muhari menjelaskan bahwa selain penegakan hukum, tugas KPPU adalah memberikan saran dan pertimbangan terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak bersesuaian dengan hukum persaingan usaha.

“Kalau ada kebijakan pemerintah baik di pusat maupun di daerah yang bertentangan dengan Undang-Undang kita (UU No.5/ 1999), kita berkewajiban memberikan saran. Kita juga mempunyai tools yang dapat digunakan untuk mengukur kesesuaian antara kebijakan yang dibuat dengan prinsip persaingan sehat”, ujar Muhari

Walikota Fasha menyambut baik maksud KPPU tersebut. Ia menyatakan kesediaan untuk bekerja sama lebih lanjut khususnya dalam hal penyelarasan kebijakan yang dikeluarkan, antara lain dalam bentuk Peraturan Daerah Kota Jambi dan Peraturan Walikota Jambi.