Hadiri High Level Meeting TPID Kepri

Batam – Sebagai wujud partisipasi dalam pengendalian inflasi daerah, Kepala KPPU Kantor Perwakilan Daerah Batam Akhmad Muhari beserta Kepala Bagian Pencegahan KPD Batam menghadiri High Level Meeting TPID Provinsi Kepulauan Riau bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan dipimpin oleh Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan daerah seperti Bupati Natuna, serta pimpinan instansi terkait seperti Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau Zulkipli, Perwakilan Bea Cukai Batam, Bulog, Perwakilan Polda Kepri, serta perwakilan pemerintah kabupaten/ kota se Provinsi Kepulauan Riau.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur Kepri menegaskan bahwa dalam pengendalian inflasi, diperlukan sinergitas dan koordinasi yang baik lintas instansi serta melakukan langkah-langkah konkrit dalam pelaksanaan program pengendalian inflasi.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau menjelaskan bahwa target inflasi adalah 3.5% ± 1%. Senada dengan hal tersebut, Kepala BPS Kepri mengatakan inflasi di Kepri pada akhir 2018 cukup baik, namun dikhawatirkan inflasi Januari 2019 mengalami fluktuasi lantaran tingginya harga tiket penerbangan.

Sementara itu Bupati Natuna Hamid Rizal menjelaskan saat ini pihaknya tengah berusaha mengendalikan inflasi dengan membangun berbagai infrastruktur seperti pelabuhan yang memadai. Hal ini diharapkan dapat memperlancar arus keluar masuk barang dari dan menuju ke Natuna. Sulitnya akses transportasi barang dinilai menjadi penyebab inflasi, sehingga adanya pelabuhan yang memadai diharapkan dapat mencegah tingginya inflasi.