Mengamankan Pasokan Pangan

Batam – Kepala KPD Batam bersama dengan tim satgas pangan Kepri yaitu Subdit I Ditreskrimsus Polda Kepri AKBP Aris Rusdianto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Mardanis, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Zarefriadi, Perwakilan Polresta Barelang, Perwakilan Balai Pengawas Obat dan Makanan Kota Batam, Perwakilan Balai Karantina Pertanian Batam melakukan sidak bahan pangan di pasar di Pasar Tos 3000 dan pasar Pujabahari di Kota Batam, Kamis (13/12/2018).

Dari pelaksanaan sidak, diketahui harga sejumlah bahan pangan seperti daging ayam, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, dan kentang terpantau stabil. Kecuali harga telur ayam yang mengalami kenaikan. Menurut penuturan pedagang, harga telur ayam naik dikarenakan harga telur memang sudah naik dari distributor di Medan.

Setelah melakukan sidak di kedua pasar terebut, tim bergerak menuju sejumlah gudang di daerah Pelita dan Batu Ampar di Kota Batam, yaitu di Gudang Bawang Anton, dan Gudang Telor UD Niaga Hasan. Gudang tersebut menyimpan bahan kebutuhan pokok seperti kentang, bawang merah, bawang putih dan cabai. Stok bahan pangan tersebut dinilai masih mencukupi untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru 2019.

Tim juga meninjau ketersediaan daging di gudang daging sapi beku milik PT Dewi Niaga. Salah seorang karyawan gudang, Sinari, menyebut bahwa pasokan daging sapi beku di gudang ini berasal dari Australia dan didatangkan setiap seminggu sekali. Ia juga menuturkan bahwa ketersediaan daging masih aman hingga memasuki tahun 2019.