KPD Batam Gelar Dialog Persaingan Usaha

Batam – Sebagai upaya mendekatkan diri dengan masyarakat melalui media massa serta upaya menjaring informasi dari para awak media, Kamis lalu bertempat di Best Western Premiere Panbil di Kota Batam, KPPU KPD Batam menggelar acara “Dialog dengan Media di Kota Batam” yang dihadiri oleh para awak media di Kota Batam (13/12/2018).

Pada dialog tersebut, Kepala KPD Batam Akhmad Muhari menyampaikan mengenai capaian kinerja selama tahun 2018. Ia menjelaskan bahwa terkait pelaksanaan tugas di bidang penegakan hukum, selama tahun 2018 KPD Batam menangani 5 laporan masuk, 10 penelitian inisiatif serta lima penyelidkan. Lebih lanjut ia menuturkan bahwa tidak semua laporan yang diterima dapat dilanjutkan ke tahap penyelidikan, namun hanya laporan yang dinilai memiliki objek yang merupakan kewenangan KPPU saja yang penanganannya dapat dilanjutkan.

“Laporan yang masuk akan kita analisa dulu apakah masuk kewenangan kita atau tidak. Kadang kita terima laporan, setelah diteliti ternyata masalahnya tentang utang piutang. Kalau itu bukan kewenangan kita. Jadi kita tidak bisa tindak lanjuti. Hanya laporan yang mengandung pelanggaran unsur pasal-pasal di Undang-Undang No 5 Tahun 1999 saja yang penanganannya bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya” jelas Muhari.

Muhari mengungkapkan bahwa penyampaian laporan ke KPPU dapat dilakukan dengan mudah. Pelapor bisa menyampaikan laporan lewat surat, email, atau datang langsung ke KPPU. Selain itu pihaknya juga menjamin kerahasiaan identitas pelapor.

“Identitas pelapor pasti dirahasiakan. Dan yang tak kalah penting, siapa saja yang mau lapor, gratis. Mulai dari awal sampai akhir gak ada biaya sepersenpun. Jika ada laporan dari Tanjungpinang, pelapornya gak bisa datang ke Batam, kita yang ke Tanjungpinang” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Pencegahan KPD Batam Firman Budiana juga mengajak para awak media untuk aktif mengikuti perkembangan penanganan perkara maupun pelaksanaan kegiatan KPPU lainnya melalui akun media sosial KPPU. “Kita juga aktif di media sosial, teman-teman wartawan silakan add facebook kami, follow instagram, maupun twitter. Kegiatan-kegiatan kita, putusan perkara selalu update di situ”, ungkap Firman.