Tingkatkan Kerjasama, KPPU Sambangi Universitas Lancang Kuning

Pekanbaru – Rabu lalu (25/9/2018), bertempat di aula lantai III gedung Rektorat Universitas Lancang Kuning, kunjungan Plt. Sekretaris Jenderal KPPU Charles Pandji Dewanto, Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Batam Akhmad Muhari diterima langsung oleh Rektor Universitas Lancang Kuning, Hasnati beserta jajaran.

Pada pertemuan tersebut, Charles Pandji menyampaikan bahwa saat ini KPPU tengah berupaya menanamkan nilai-nilai persaingan sehat kepada para mahasiswa terutama di universitas yang ada di wilayah Sumatera. Hal ini dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi. “Saat ini kami ingin memperluas jaringan kerjasama, dengan perguruan tinggi yang ada di wilayah Sumatera seperti Universitas Lancang Kuning”, jelas Pandji

Charles Pandji menambahkan bahwa internalisasi prinsip persaingan sehat dapat dilakukan antara lain dengan melakukan kuliah umum. Selain itu Ia juga menawarkan program magang kepada para mahasiswa Universitas Lancang Kuning terutama dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi untuk melakukan magang di KPPU. “Kami juga menerima mahasiswa magang, sehingga bagaimana mewujudkan prinsip persaingan sehat itu dapat dipahamai oleh mahasiswa,” imbuhnya.

Menurut Pandji, bentuk kerjasama perlu dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman. Menanggapi hal tersebut, Rektor Unilak menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik maksud dan tujuan KPPU untuk menjalin kerjasama. Dirinya menuturkan bahwa di Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning sudah terdapat mata kuliah terkait hukum persaingan usaha. Kerjasama yang lebih intens diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para mahasiwa seperti tawaran magang dari KPPU, pelaksanaan kuliah umum, workshop, seminar, serta kegiatan lain.

“Unilak telah berdiri sejak tahun 1982 dan saat ini memiliki 9 fakultas. Mata kuliah tentang KPPU sudah ada di Fakultas Hukum. Kami menyambut baik tawaran kerjasama dari KPPU, dengan mengadakan banyak kegiatan seperti seminar, kuliah umum, kita juga perlu lakukan MoU dan MoA,” ujarnya.