Pentingnya Data Valid dalam Melakukan Kajian

Pekanbaru – Plt. Sekretaris Jenderal KPPU RI Charles Pandji Dewanto dan Kepala KPPU Kantor Perwakilan Darah Batam Akhmad Muhari dengan wilayah kerja mencakup Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Riau, Provinsi Jambi dan Provinsi Bangka Belitung melakukan pertemuan dengan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kantor Perwakilan Provinsi Riau, Aden Gultom yang didampingi oleh Bambang selaku Kepala Bidang Statistik Distribusi, dan Urip selaku Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik. Pertemuan ini dilakukan di Kantor BPS Perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru, rabu lalu (25/9/2018).

Pada pertemuan tersbeut, Charles Pandji menyampaikan bahwa pertemuan ini membahas mengenai implementasi MoU dan perjanjian kerjasama antara KPPU dengan BPS. Kerjasama tersebut mencakup beberapa hal, antara lain dengan memperoleh data dan informasi dari BPS. “Di tingkat pusat KPPU telah memiliki MoU dengan BPS. Maksud kunjungan kami ke sini adalah untuk membahas impelemntasi MoU tersebut di daerah”, ujar Pandji.

Lebih lanjut Kepala KPPU Kantor Perwakilan Dareah Batam menuturkan bahwa pihaknya senantiasa melakukan kajian pada sektor tertentu termasuk di wilayah Provinsi Riau. Dalam melakukan kajian tersebut, dibutuhkan data yang valid guna mendukung hasil kajian, sehingga kerjasama dari BPS Riau dalam memberikan data dan informasi yang valid sangat dibutuhkan.

“Sektor-sektor startegis terkait hajat hidup orang banyak senantiasa kita kaji. Misalnya industri hilir kelapa sawit di Riau belum berkembang, sedangkan Riau adalah salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Dalam mengkaji itu kami butuh data-data yang valid. Kerjasama BPS akan sangat membantu”, kata Muhari.

Kepala BPS Riau mengucapkan terima kasih atas kunjungan KPPU dan siap bekerja sama dengan KPPU dalam mewujudkan persaingan sehat khususnya di Provinsi Riau sekaligus melaksanakan implementasi MoU. Dirinya juga menyatakan bersedia membantu data yang dibutuhkan KPPU dalam melakukan kajian terhadap sektor-sektor strategis di wilayah Provinsi Riau.

Aden menambahkan, BPS Riau secara berkala menerbitkan data statistik terkait kondisi perekonomian di Provinsi Riau, untuk dikirimkan pada pemangku kepentingan. Jika KPPU berminat untuk mendapatkan data tersebut, dapat mengirimkan surat ke BPS Riau untuk dapat dimasukan dalam milis data yang dibuat oleh BPS Riau.

“KPPU dapat surati kami jika butuh data, kami siap bantu. Kami juga menerbitkan data statistik secara berkala terkait kondisi perekonomian di Riau”, ungkapnya.