Sekda Natuna Berharap Kerjasama dengan KPPU Cegah Praktek Monopoli

Natuna – Saat ini Kabupaten Natuna sedang memacu percepatan pertumbuhan perekonomian, para pengusaha sangat berperan dalam proses tersebut, namun pertumbuhan perekonomian akan sulit terwujud jika tidak didukung dengan iklim persaingan yang sehat. Prektek monopoli, kartel maupun perilaku anti persaingan lainnya merupakan kendala besar dalam pembangunan.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi dalam pembukaan sosialisasi tentang Tugas Pokok dan Fungsi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Rabu siang (21/3/2018).

Sekda menghimbau kepada para kepala dinas, para camat, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Natuna untuk memahamai informasi yang disampaikan oleh KPPU sehingga setiap unsur dapat bekerjasama untuk menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi daerah. Ia juga berharap dapat bekerjasama dengan KPPU dalam mengawasi perilaku pengusaha di daerahnya demi mencegah terjadinya praktek monopoli.

Sementara itu, Kepala KPPU Kantor Perwakilan Daerah Batam menjelaskan bahwa tugas pokok KPPU antara lain melakukan penegakan hukum persaingan usaha, advokasi kebijakan, notifikasi merger, serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kemitraan.

“Semua tugas KPPU ini bertujuan untuk menjaga kepentingan umum dan meningkatkan efisiensi nasional melalui jaminan kesempatan usaha yang sama bagi seluruh pelaku usaha dan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.” ujar Muhari.

Mencermati pentingnya peran KPPU tersebut, Muhari mengharapkan partisipasi dan dukungan proaktif dari semua pihak, baik dari unsur pemerintahan, pelaku usaha, akademisi, media masa, dll.