KPD Batam Terima Kunjungan Kepala BI Babel

BI Babel 3 Mei 2017 di Batam (1)Batam – Rabu lalu Kepala KPPU Kantor Perwakilan Daerah Batam Lukman Sungkar beserta jajaran mnerima kunjungan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bangka Belitung (BI Babel) Bayu Martanto didampingi Manejer BI Babel Sudarta, bertempat di Kantor KPPU Batam (3/5/2017). Selain memperkuat kerjasama, Bayu mengatakan bahwa kedatangan mereka tersebut merupakan kunjungan balasan dari kunjungan Tim KPPU ke Kantor BI Babel beberapa waktu lalu.

Bayu menjelaskan bahwa pada kesematan tersebut pihaknya bermaksud untuk mengenal KPPU lebih dalam, antara lain terkait dengn tugas dan kewenangan yaang dimiliki oleh KPPU sehingga dapat ditentukan hal-hal yang dapat disinergikan antara KPPU, BI Babel serta instansi terkait dalam rangka menekan tingginya inflasi di Bangka Belitung.

Bayu juga menyampaikan bahwa putusan KPPU terkait praktek kartel yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan raksasa yang bergerak di bisnis ayam akhir 2016 lalu telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian di Bangka Belitung. Semenjak putusan KPPU tersebut, komoditi daging ayam tidak lagi menjadi penyumbang inflasi di Bangka Belitung dimana sebelumnya komoditi daging ayam menjadi salah satu komoditi penyumbang inflasi. “Putusan KPPU tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Bangka Belitung. Sejak putusan tersebut harga ayam langsung turun dan stabil, tidak lagi jadi penyumbang inflasi”, ujar Bayu.

Lebih lanjut, Bayu mengungkapkan bahwa sektor penyumbang inflasi tertinggi di Bangka Belitung pada saat ini adalah penerbangan. Tarif penerbangan dari dan menuju ke Pangkalpinang atau Tanjungpandan dinilai sangat mahal jika dibandingkan dengan tarif ke daerah lain bahkan dengan jarak yang lebih jauh sekalipun. Selain menyebabkan tingginya inflasi, masalah ini tentunya dianggap menjadi penghambat perkembangan perekonomian masyarakat, terutama pada sektor pariwisata. Untuk itu pihaknya berharap dapat bekerjasama dengan KPPU mengatasi hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut Kepala KPPU KPD Batam Lukman Sungkar menuturkan bahwa pihaknya perlu melakukan analisa lebih lanjut serta meminta keterangan dari pihak-pihak terkait. “Kita perlu tahu dulu penyebabnya, kenapa harga tiket dari dan ke Bangka begitu mahal. Kita bisa minta keterangan dari pihak-pihak terkait”, tutur Lukman.