Wabup Belitung Apresiasi Upaya KPPU Awasi Kemitraan

Sos Kemitraan Bangka 17 Feb 2017 (1)

Belitung – Sosialisasi Peraturan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan yang diselenggarakan oleh KPPU KPD Batam, Jumat (17/2/2017), bertempat di Hotel Grand Hatika Belitung mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Belitung Erwandi A. Rani.

Erwandi mengapresiasi upaya KPPU yang begitu aktif melakukan sosialisasi pengawasan kemitraan dan memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah. “Kami pemda ini agak susah kalau sendirian, apalagi di Belitung. Kami minta sosialisasi ke KPPU, Alhamdulillah dilaksanakan. Beliau begitu gencar kalau ada masalah-masalah persaingan”, ungkapnya.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Belitung, satgas pengawasan kemitraan se wilayah kerja KPD Batam, serta sejumlah pelaku usaha UMKM di Kabupaten Belitung tersebut, Erwandi juga menghimbau para pelaku usaha untuk lebih aktif berinovasi sehingga menghasilkan produk yang kompetitif. “Saya harap semua pelaku usaha silakan berkreasi. Jangan sampai usaha yang besar memonopoli sehingga menyingkirkan yang kecil”, ujar Wabup.

Erwandi menambahkan selama ini di daerahnya seringkali terjadi ketidakadilan dalam berusaha, antara lain kemitraan antara pelaku UMKM dengan usaha besar. Sehingga sinergi dan kerjasama dengan KPPU diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pelaksanaan sosialisasi pengawasan kemitraan dengan menghadirkan pelaku usaha UMKM dan dari kalangan pemerintah dinilai merupakan langkah awal yang baik. “Kadang-kadang sawit tidak mau dibeli oleh perusahaan besar. Kemitraan antara perusahaan dengan petani rakyat butuh pengawasan”, ungkapnya.

Tidak kurang dari 130 peserta menghadiri sosialisasi pengawasan kemitraan tersebut. Mereka tampak begitu antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal ini terlihat dari semangat mereka baik dalam mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan kondisi kemitraan yang terjadi di daerahnya.