Kapolda Riau Nyatakan Siap Bantu KPPU dalam Upaya Penegakan Hukum

Pekanbaru – Selasa lalu (25/10/2016), bertempat di Mapolda Riau, Kepala KPD Batam Lukman Sungkar beserta sejumlah staf melakukan pertemuan dengan Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain beserta jajarannya.

Pada pertemuan tersebut antara lain dibahas mengenai rencana kerjasama KPPU dengan Polda Riau terutama dalam fungsi penegakan hukum. Brigjen Pol Zulkarnain menyatakan bahwa pihaknya siap membantu KPPU dalam melakukan upaya penegakan hukum persaingan usaha khususnya di wilayah Provinsi Riau. “Kalau ada persoalan-persoalan persaingan usaha yang terjadi di Riau, Kami siap membantu KPPU”, ujar Kapolda.

Lukman menyatakan bahwa di tingkat pusat, KPPU dan Polri telah menjalin kerjasama yang dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman. Sehingga koordinasi dan kerjasama antara pihaknya dengan Polda Riau juga merupakan tindak lanjut atas nota kesepahaman tersebut.

Selain itu Lukman juga menyampaikan bahwa pada saat ini KPPU sedang fokus memantau sektor pangan. Hal ini dilakukan dalam rangka mengemban amanat Presiden untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan. Maraknya mafia pangan telah menyebabkan inflasi sehingga menyengsarakan masyarakat. Pemberantasan mafia pangan tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak diantaranya kepolisian. “Jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga (bahan pokok), maka kami akan pantau apakah itu terjadi karena faktor alamiah, atau ada permainan dalam rantai distribusi”, tegas Lukman.

Sementara itu, Kapolda Riau menuturkan bahwa selama ini jika pihaknya melakukan sidak terhadap kebutuhan bahan pokok, maka bahan kebutuhan pokok akan mengalami kelangkaan, hal ini menyebabkan kenaikan harga sehingga memicu inflasi. Menanggapi hal tersebut, Lukman Sungkar menjelaskan bahwa pada dasarnya kebutuhan masyarakat akan bahan pokok lebih tinggi dibandingkan dengan kuota yang diberikan. Hal ini dimanfaatkan oleh para penyelundup untuk memasok baragnya sehingga persediaan bahan kebutuhan pokok di pasaran menjadi stabil. Jika polisi melakukan sidak, maka penyelundup menghentikan aktifitasnya sehingga persediaan bahan kebutuhan pokok di pasaran menjadi langka.

Kapolda Riau dan Kepala KPD Batam saling bersepakat untuk bekerjasama, antara lain dalam memberantas mafia pangan. Dengan demikian diharapkan dapat mewujudkan peningkatan ketahanan pangan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tanpa dukungan dari pihak kepolisian, kami akan kesulitan”, pungkas Lukman.