Tingkatkan Kerjasama, Kepala KPD Batam Temui Kapolda Kepri

Polda Kepri 29 Sept 2016 (3)Batam – Untuk mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat, tidak akan dapat dicapai jika KPPU tidak mendapat dukungan dari institusi lain. Koordinasi dan kerjasama KPPU dengan instansi penegak hukum lain begitu diperlukan antara lain dalam pemberantasan kartel demi kesejahteraan rakyat. Kamis lalu, Kepala KPPU KPD Batam, Lukman Sungkar didampingi Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri KPPU Pusat, Hilman Pujana melakukan koordinasi dengan Kapala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri), Brigjen Pol Sam Budigusdian bertempat di Mapolda Kepri (29/9/2016).

Kapolda Kepri menyambut baik maksud kedatangan Tim KPPU serta berharap dapat bersinergi dalam menjalan tugas. “Institusi manapun tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri. Akan lebih bagus jika disinergikan. Di Setiap negara tidak ada institusi yang hebat, kecuali jika institusi tersebut saling bekerjasama”, ujar Kapolda. Hal ini diamini oleh Kepala KPPU KPD Batam Lukman Sungkar. Ia mengatakan bahwa KPPU dan Polri telah menjalin kerjasama yang dituangkan dalam naskah nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Kapolri dan Ketua KPPU. “Di tingkat pusat, KPPU telah ada MoU dengan Polri”, ujar Lukman.

Hal tersebut perlu ditindak lanjuti oleh kedua instansi terkait mulai dari tingkat pusat hingga ke tingkat daerah. Menurut Kapolda, diperlukan perjanjian kerjasama antara KPD Batam dengan Polda Kepri, “Kalo di pusat ada MoU, di tingkat daerah namanya PKS (Perjanjian Kerjasama)”, tutur Brigjen Sam.

Pada pertemuan tersebut dibahas mengenai beberapa hal yang perlu disinergikan antara KPPU dengan pihak Kepolisian. Antara lain terkait kartel pangan, persekongkolan tender, dll.

Kapolda Kepri dan Kepala KPD Batam saling bersepakat untuk meningkatkan kerjasama agar kedepannya tugas-tugas yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lebih efektif. Karena pada dasarnya tugas-tugas yang dilaksanakan memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk kejayaan bangsa.