KPPU Gandeng Polda Babel Berantas Kartel Pangan

Polda Babel 23 Agus 2016

Pemberantasan kartel disktor pangan merupakan fokus utama KPPU saat ini. Hal ini seperti apa yang disampaiakn oleh Kepala Kantor Perwakilan Daerah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPD KPPU) Batam Lukman Sungkar dalam kegiatan audiensinya dengan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung di Mapolda Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, Selasa (23/8/2016)

“Sesuai arahan Presiden KPPU Fokus menangani kartel pada sektor pangan, karena jika ketahanan pangan goyah maka Negara juga goyah” ujar Lukman dalam memberikan penjelasan kepada Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen (Pol) Yovianes Mahar beserta jajarannya.

Lukman menjelaskan maksud kedatangan ke Mapolda Kepulauan Bangka Belitung adalah selain untuk bersilaturahmi, Pihaknya juga akan bersinergi terkait dengan penegakan hukum persaingan usaha di wilayah kerja KPD KPPU Batam terutama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Yovianes menyambut baik kehadiran KPD KPPU Batam ke Mapolda Kepulauan Bangka Belitung. “Kita terima dengan senang hati dan bersyukur, karena kami juga harus mempelajari betul masalah (persaingan usaha) ini” sambut Yovianes.

Lukman menambahkan sesuai dengan arahan Ketua KPPU bahwa KPPU fokus pada pemberantasan kartel pangan dan melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memperkuat penegakan hukum persaingan. “Kita akan pantau, fokus ke sembilan bahan pokok, apabila ada informasi data dilapangan maka kami akan koordinasikan” terang Lukman.

Yovianes juga berharap terwujud sinergi yang baik antara KPPU dan Polri khususnya di wilayah Polda Kepulauan Bangka Belitung terkait penegakan hukum persaingan usaha. “Jadi kalau tidak terjangkau sama kita (Polisi), tapi kita tahu ada permainan (kartel) semacam itu, maka dikomunikasikan (dengan KPPU)” tutup Yovianes.